France Bleu Stasiun Radio Lokal Prancis

France Bleu Stasiun Radio Lokal Prancis, France Bleu adalah jaringan stasiun radio lokal dan regional di Perancis,bagian dari kelompok penyiaran publik nasional Radio France. Jaringan ini memiliki misi layanan publik untuk melayani pemirsa lokal dan menyediakan berita dan konten lokal dari masing-masing dari empat puluh empat stasiunnya.

France Bleu diciptakan pada tahun 2000 oleh perpaduan dua jaringan Radio France yang lebih tua, Les locales de Radio France dan Radio Bleue. Stasiun utama di Paris berjalan dengan nama France Bleu 107.1,sedangkan masing-masing stasiun diberi nama untuk area cakupan masing-masing, biasanya département, région, atau kota.

Menurut frenchradiolondon.com Claude Perrier telah menjadi direktur jaringan France Bleu sejak 2013. Pendahulunya termasuk Philippe Chaffanjon (2012-2013) dan Anne Brucy (2010-2012).

Sejarah Stasiun Radio France Bleu

Les locales de Radio France

Pada tahun 1980, Jacqueline Baudrier, Kepala Direktur RadioFrance menciptakan tiga stasiun radio lokal eksperimental baru. Fréquence Nord, Radio Mayenne dan Melun FM diciptakan untuk mencakup wilayah, départment dan kota masing-masing. Stasiun-stasiun ini melengkapi dengan yang sudah ada di bawah pengelolaan FR3 sejak 1975, menyusul pecahnya penyiar negara ORTF. Radio Perancis mengambil alih semua stasiun padatahun 1982, dengan jumlah stasiun mencapai 40 pada 1990-an.

Pemrogramannya pada dasarnya lokal kecuali musik (yang biasanya berasal dari stasiun saudara FIP, atau pemrograman nasional dengan satelit, yang disebut Program Modulasi Prancis),dikombinasikan dengan buletin berita dari France Inter. Stasiun-stasiun ini secara individual disebut Radio France diikuti oleh area cakupannya, tetapi dikelompokkan dengan nama Les locales de Radio France.

Baca Juga : Belajar Bahasa Prancis Dengan Media Stasiun Radio Prancis

Radio Bleue

Demikian pula pada tahun 1980, Baudrier juga meluncurkan jaringan baru, kali ini ditujukan untuk demografi di atas 50,yang disebut Radio Bleue. Ini dimulai sebagai layanan khusus pagi yang menggunakan jaringan gelombang menengah nasional, dibagi dengan pemrograman pendidikan. Pada 1990-an, ia memperluas jadwalnya, penyiaran sampai malam hari dan mengamankan tiga frekuensi FM dari regulator radio CSA di tiga kota: Paris, Cannes,dan Valence.

Plan Bleu (2000–2010)

Pada tahun 2000, setelah meninjau semua layanan radio, direktur Radio France, Jean-Marie Cavada, memulai Plan Bleu-nya, pada dasarnya sebuah organisasi ulang frekuensi radionya yang luas. Di bawah rencana stasiun radio lokal(Les locales de Radio France)akan disindikasikan dengan Radio France Bleu untuk membentuk satu jaringan – France Bleu bersatu secara resmi diluncurkan pada tanggal 4 September 2000 pukul 5:00 pagi CET.

Jaringannya yang terdiri dari tiga puluh delapan stasiun radio lokal semuanya berganti nama menjadi “France Bleu”, diikuti oleh area siarannya, untuk membawa jaringan lebih dekat ke keluarga stasiun Radio France. Memperluas cakupannya, frekuensi FM lokal di kota-kota kecil hingga menengah disattributkan kembali ke France Bleu. Di bawah frekuensi rencana yang sama di pasar yang lebih besar beralih ke jaringan pemuda Le Mouv ‘dan stasiun FIP secara drastis dipotong kembali ke lima lokasi.

Buletin berita dari Prancis Inter secara bertahap diganti dengan layanannya sendiri, dan wartawan untuk stasiun lokal sekarang memasok stasiun berita France Info dengan barang-barang berita, setelah sebelumnya mengandalkan stasiun saudara yang lebih besar untuk berita.

Wilayah Paris

2002 menandai kedatangan layanan lokal khusus untuk wilayah Paris, dengan peluncuran La CityRadio de Paris, menggunakan frekuensi 107.1 dari jaringan Radio Bleue FM sebelumnya. Sebaliknya jaringan France Bleu menyerahkan totalitas jaringan gelombang menengahnya ke France Info.

Pada tahun 2005 Kepala Radio Perancis Jeal-Paul Cluzel ingin membuat stasiun regional, menemukan nama CityRadio terlalu membatasi, oleh karena itu di dekat France Bleu Melun berbasis enam puluh kilometer jauhnya dijadwalkan untuk merger, menandakan penutupan pada tanggal 16 Desember 2005 setelah lebih dari dua puluh lima tahun on-air. Stasiun gabungan diluncurkan kembali sebagai layanan tunggal, France Bleu Île-de-France,pada tanggal 2 Januari 2006. Nama tersebut diubah menjadi France Bleu 107.1 pada September 2009.

Baca Juga : Berapa Banyak Data yang Digunakan Radio Internet

Ekspansi dan validasi (2010-sekarang)

Nilai France Bleu mulai lebih dikenal secara luas. Pada bulan April 2000, jaringan mencapai rekor penonton, mencapai pangsa 7,5% dan 330.000 pendengar baru, menempatkan pendengar nasional di bawah 4 juta. Pada tahun 2010 atas permintaan Perdana Menteri Prancis François Fillon,France Bleu Maine, yang mencakup Le Mans dan La Sarthe diciptakan pada 1 Juni. Fillon adalah penduduk asli Le Mans. Pada tahun 2011 dikonfirmasi bahwa radio publik lokal akan muncul di Toulouse.

France Bleu Toulouse diluncurkan pada 23 Februari dan menandai kembalinya radio publik lokal ke kota setelah absen 14 tahun. Outlet sebelumnya, Radio France Toulouse ditutup untuk memberi jalan bagi stasiun pemuda nasional Le Mouv’. Le Mouv sejak itu pindah ke Paris. Stasiun ke-44 diluncurkan pada September 2013: France Bleu Saint-Etienne Loire. Berbasis di Saint-Etienne, radio lokal mencakup kota Saint-Etienne, Roanne dan bagian dari La Loire.

Leave a Reply

Your email address will not be published.